Paypal

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Thursday 23 February 2012

Beli Gadai Emas


Kalau gak salah, aturan BI yang baru membolehkan proses Gadai maksimal 250 juta per orang. Aturan ini setidaknya menjadi jembatan kekisruhan sebulan belakangan ini ketika terjadi pelarangan gadai emas di Bank Syariah oleh BI.
Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jumlah gram emas yang diinginkan untuk tujuan masa depan.
Tapi terlebih dahulu kita harus menghitung jumlah keperluan masa depan tersebut dibandingkan dengan keadaan saat ini. Contohnya adalah biaya kuliah anak, untuk mudahnya hitung saja berapa biaya untuk masuk perguruan tinggi favorit saat ini, misalkan saja 100 juta. Konversikan ke emas saat ini, katakanlah dengan harga emas 1 gram 550 ribu maka diperlukan kira-kira 180-200 gram emas (ambil maksnya 200 gram)
Dengan demikian kita perlu menabung sejumlah 200 gram maka InsyaAllah akan cukup buat kuliah anak kita 15 tahun lagi.
Kembali ke cara nabungnya:
1. Bisa dengan membeli emas rutin setiap bulan semampu anda.
2. Bisa dengan Kredit Kepemilikan Logam Mulia alias KLM yang sekarang produknya ada di BRISyariah. Jadi tinggal siapin uang muka dan setor setiap bulan. 
3. Bisa dengan cara Beli Gadai, hampir sama dengan konsep Kredit kepemilikan emas tapi menggunakan metode gadai.
Saya sendiri menyukai cara ke-3 beli gadai, prinsipnya kita membeli emas kepada pembeli dan menggadaikannya ke Bank, tapi enaknya kita bisa membeli emas ke penjual lansung di Bank Syariah, bayarkan uang mukanya, sisanya dibayarkan oleh Bank kepada pihak penjual dengan catatan emas kita dijadikan jaminan oleh Bank.
Buat saya itu lebih baik, dalam artian saya tidak perlu was was nyimpan emas di rumah dan hilang dicuri orang.
Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan anda untuk membayar biaya titipnya per 4 bulan, kalau belon sanggup lunasin emas yang digadaikan, cukup bayarkan biaya titipnya dan perpanjang gadainya lagi, lakukan terus sambil perlahan membayar pokok gadai sedikit demi sedikit.
InsyaAllah dengan kenaikan harga emas perlahan-lahan jumlah pinjaman gadai ke Bank akan tertutup dengan sendirinya. Kalau anda beruntung mungkin cukup cicil biaya titip selama setahun + sedikit lunasin pokok pinjaman, setelah itu setengah emas yang digadaikan bisa jadi free......kok bisa!!?
Mungkin saya yang salah hitung...hehehe..tapi saya percaya karena sudah ada orang yang pernah melakukannya.

BTW, yg pusing mikirin uang pensiun nanti dan sekarang nyerahin ke asuransi, mendingan dipikirkan ulang untuk beli 1 gram emas aja setiap bulan terus simpan di SDB-simpan di bini :) 

satu lagi, disaranin untuk belinya dalam bentuk Emas batangan ya, jangan yang perhiasan, kecuali anda termasuk yang pelit bayar zakat :))....just kidding

No comments: