Paypal

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Saturday 5 January 2008

Karyawan Kaya


Jadi Karyawan Bisa Kaya!?

Udah pada baca bukunya Safir Senduk yang judulnya "Siapa Bilang jadi Karyawan Gak Bisa Kaya"
Akhirnya ada juga buku yang mendukung pekerjaan sebagai pegawai alias bekerja pada orang lain, habisnya benar juga sih selama ini yang terdengar adalah kalau kita kerja sama orang maka kita gak akan pernah kaya, gak akan dapat kebebasan financial, penghasilan terbatas!dan bejibun alasan lainnya.
Walau beberapa excuse yang dikatakan itu ada benarnya juga...tapi lagi-lagi kalau gak ada pekerja, siapa yang akan menjalani suatu bisnis?

Terlepas dari perdebatan jadi pebisnis atau jadi pekerja, yang penting lakukan sesuatu itu dengan hati yang tenang dan sungguh-sungguh, kalau emang anda tidak menyukai pekerjaan anda, alias gak punya passion pada pekerjaan, mendingan Out cari pekerjaan yang emang anda senangi, jangan menyiksa diri toh.

So back to the book, ada beberapa trik yang dapat kita ambil sebagai langkah kerja para pegawai:
- Beli dan miliki sebanyak mungkin harta produktif
- Atur pengeluaran anda
- Hati-hati dengan utang
- Sisihkan untuk pos-pos pengeluaran di masa yang akan datang
- Miliki proteksi

Ngomong-ngomong tentang harta produktif, jadi teringat sama si Robert Kiyosaki, bukunya itu lho pas kita kuliah dulu gimana hebohnya kan, penjelasan tentang aset dan liabilitas. Nah sekarang kita perlu memperbanyak aset dan harta produktif, tentu bukan dengan hitungan hari toh, waktu adalah kawannya investasi, so be patient dan Istiqomah pelan-pelan, tabung dan invest.
Tapi....tau gak sih jadi malas juga sama Kiyosaki gara-gara ngomongin MLM dibukunya, jadinya para MLM'ers tiap mau prospek orang selalu mencatut si Robert, dengan gaya pede tentang 4 quadrantnya, rasa-rasanya kalau gak join MLM itu kita bakalan gak bisa masuk quadrant ke-4 tersebut..buseeeeettt deh...punya pengalaman buruk banget gua sama MLM..jauh-jauh deh dari diriku.
Mau tahu kenapa?kalau gua bilang sih habis-habisin waktu dan duit aja, sementara jenis investasi lain masih terhampar di depan mata, kecuali kalau emang anda orang yang gak punya teman dan kesepian dalam hidup ini, MLM bisa dijadikan tempat buat nyari teman baru, relasi baru, tempat ngumpul baru, dan bayarnya rame-rame hahahahaha.
Hidup dalam mimpi!!awas lho, gak boleh bermimpi dalam hidup ini, itu namanya angan-angan.....The Best way for Muslim adalah punya GOAL, Alias TARGET....so different between Dream and GOAL!
Kalau ber MIMPI kita gak punya jalan dan cara, but TARGET or GOAL, kita punya segudang langkah dan strategi untuk mencapainya...so itulah kenapa ada pesan oragn tua "Jangan Bermimpi di Siang Bolong!" nah lho, tapi kalau bikin goal, mau pagi, siang, sore, tengah malam, dini hari,...tetap aja rame kan!gak percaya, liat tuh di warung kopi gimana antusiasnya orang-orang nonton cara bikin GOAL, apalagi yang mau bikin GOALnya itu si MANUT alias Mancester United, plus Chelsea, Arsenal, Plus Milan, Inter, Juve...weleh weleh...ngelantur deh.

Berikutnya atuh Jangan "Lebih Besar Pasak daripada Tiang" tuh pepatah dari jaman ESDE udah kita dengar, tapi sampai sekarang belon di actualkan dalam kehidupan, karena rasa INGIN kita yang gak pernah terbendung, sedangkan ke BUTUH an kita mungkin saat ini sudah tercukupi...COntohnya, kalau kita butuh transportasi ke Kantor, kita bisa beli motor atau mobil bekas merk rakyat, tapi karena rasa INGIN menyebabkan kita MAU nya beli mobil baru merk Menteri...padahal kalau gak beli mobil baru juga gak apa-apa, kita masih bisa ke kantor, malahan bisa beli motor aja sekalian, lebih hemat, dan lebih cepat pula sampai kantor.

Hutang!pernah lho gua stuck sama hutang kartu kredit....ampunlah pokoknya kalau ngutang di bank untuk keperluan konsuntif, mendingan di lunasin cepat-cepat, karena konsep compound of intererest alias bunga berbuganya sungguh berbunga-bunga..jauh-jauh en beresin tuh hutang sampeyan!masa tiap bulan cuma bayar bunganya aja, bisa gak lunas-lunas tuh hutang sampai tua.
Beda kalau misalnya hutang untuk hal yang produktif, misalnya buat KPR, kan harganya bakalan naik terus, jadi suatu saat akan menguntungkan, ya gak apa-apa kalau berhutang untuk rumah tinggal, daripada nyewa terus!jadi malu nih masih nyewa rumah.

Kalau masalah sisihkan untuk masa depan emang benar tuh, jadi kita memprediksikan apa yang kira-kira ke depan nanti akan kita butuhkan, so ada persiapannya dari sekarang, kaya buat sekolah anak, daripada nanti pas masuk sekolah bayarnya dadakan 10 juta misalnya, mau ngutang dimana lagi tuh!!nah kalau dari sekarang kita sisihkan pelan-pelan, katakanlah 400 ribu sebulan, pas 5 tahun lagi anak sekolah, udah berlebih malah duitnya kan..nah ingat "Waktu adalah Kawannya Investasi!" so jangan tunda-tunda lagi, mulai dari sekarang.

Miliki proteksi gua no comment ya, itu tergantung pengalaman pribadi masing-masing sih, habisnya ngomongin asuransi sih...:-)

Udah ah, mau mandi dulu mau siap-siap kerja lagi ke Base, cari sesuap nasi buat keluarga.


wassalam.

3 comments:

Anonymous said...

Hmm.. sepertinya bapak sangat 'alergi' terhadap MLM y pak? bisa saya minta komentarnya untuk tulisan saya mengenai konsep MLM di blog saya?

terima kasih banyak.

Salam Hangat,
Fikri

Edkovic said...

Maaf ya pak, emang saya alergi banget sama yang namanya MLM, itu jadi ajang buat para bos di kantor untuk nekan bawahannya, silaturahmi malah jadi kacau balau, MLM itu menyita banyak waktu dan banyak uang pak, coba aja berapa iuran anggota, berapa harga produk, seminar yang harus diikuti, belanja bulanan..wah..wah...pak, mendingan invest di tempat lain, kalau bapak nggak ngerti invest di tempat lain yang lebih bagus dari MLM, hubungi saya lagi ya, saya bisa memberikan beberapa tips nya...cheers

Edkovic said...

Halo pak Fikri,

Bapak benar, waktu mengubah segalanya, MLM yang beberapa bulan lalu saya anti banget, eh sekarang saya malah gabung lagi dengan MLM, buset...satu yang saya pelajari disini, tetaplah membuka pemikiran untuk hal-hal yang baru.