Paypal

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Sunday 6 January 2008

Pride Africa


Nah kali ini membahas masalah drilling ship. Yoi dari arti kata aja ini kapal digunakan untuk melakukan aktivitas pemboran, harga rental kapal ini perhari bisa berbeda-beda terngantun tipenya, ada yang 750 ribu SD perhari, ada yagn 300 ribu USD perhari, memang luar biasa bisnisnya ini, namanya bisnis super raksasa....masih jauh untuk bisa ke arah sana. Setidaknya butuh waktu 10 tahunan lagi...mungkin iya mungkin tidak!

Kalau kita rig up coil tubing di drilling ship, bakalan under pressure banget dikarenakan ongkos rental kapal yang mahal menyebabkan kita harus bekerja lebih cepat dan meminimalkan kemungkinan keterlambatan kerja dan kegagalan...pokoke penuh tantangan lah, harus kerja lebih cepat dan tepat.

Ada 3 drilling ships yang udah pernah aku jajaki yaitu Saipem 10K, Pride Angola, and Pride Africa, semuanya kepunyaan Total dengan wilayah operational di offshore Angola, rata-rata kedalaman lautnya adalah 1 km...lumayan dalamlah. Sumur minyaknya sendiri jadinya sekitar 3 km dari RKB=Rotary Kelly Bushing, itu reference yang digunakan untuk mulai menghitung kedalaman dalam pengeboran sumur.

By the way barusan ikut tes English, kacau banget hasilnya, ancur belebur dech...hehehe..emang perlu belajar lagi euy, spesial grammar yang kacau banget, kalau listening sama reading okelah, udah no problem karena udah terbiasa dalam kehidupan sehari-hari, tapi kalau grammar men...nyerah deh

No comments: